Inilah Fakta Unik Tentang Gajah

Fakta Unik Tentang Gajah - Meski kebanyakan hanya dapat dijumpai di kebun binatang, namun hewan berukuran besar satu ini sangat akrab bagi siapapun. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pasti tahu dengan gajah. Namun tidak banyak yang tahu bahwa hewan mamalia ini memiliki berbagai macam keunikan. Berikut akan kami bahas fakta unik seputar gajah. Semoga menjadi pengetahuan baru bagi Anda yang membacanya.
Fakta unik gajah
Terkenal dengan body-nya yang besar, gajah memang memiliki predikat sebagai hewan darat paling besar di dunia. Gajah yang paling besar adalah seekor gajah Afrika jantan dewasa yang memiliki berat 24 ton dan tingginya mencapai 13 kaki. Oleh karena itu, tidak heran bahwa gajah satu-satunya hewan mamalia yang tidak bisa melompat. Sama halnya seperti manusia, gajah memiliki umur yang terbilang panjang. Gajah bisa hidup hingga usianya 70 tahun. 

Dengan otak yang lebih besar 3 sampai 4 kali lipat dari manusia, otak gajah terbilang lebih maju dibandingkan dengan mamalia darat lainnya. Terbukti, gajah seringkali unjuk kebolehannya dalam sirkus yang mempertontonkan bahwa dia selangkah lebih cerdas. Meski penglihatannya buruk, gajah memiliki indera penciuman yang luar biasa. Hewan yang satu ini mulai berkembang biak di usia 16 tahun namun seumur hidupnya, gajah rata-rata hanya memiliki sampai dengan empat anak saja.

Info Lainnya : Gajah Sumatra Terbesar

Gajah mempunyai masa kehamilan paling panjang dibandingkan dengan semua binatang yakni selama 22 bulan. Bagian tubuh gajah yang paling terkenal selain belalainya adalah gading. Tahukah Anda bahwa gading gajah sebenarnya merupakan gigi seri. Gading tersebut dipakai untuk menggali tanah sampai mengangkat benda-benda. Selain gigi seri yang muncul sebagai gading, gajah juga mempunyai empat geraham. Yakni satu di bawah, satu di atas dan sisanya ada pada kedua sisi mulut gajah. 

Itulah Fakta Unik Hewan Gajah yang dapat penulis sampaikan, anda juga dapat membaca fakta-fakta unik lainnya seputar hewan lucu, hewan unik hanya di situshewan.com Semoga Bermanfaat.