Hewan Langka Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

SitusHewan.com – Tumbuhan Langka Dan Hewan Langka – Pada kesempatan ini kami akan membahas sedikit tentang tumbuhan, kita ketahui Tumbuhan merupakan salah satu dari klasifikasi makhluk hidup. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan makanan dan untuk proses fotosintesis. Dalam ilmu biologi, tumbuhan termasuk organisme yang disebut Regnum Plantae yang merupakan organisme multiseluler. Tercatat sekitar 350.000 spesies tumbuhan, dari jumlah tersebut 258.650 jenis merupakan tumbuhan berbunga dan 18.000 jenis termasuk tumbuhan lumut. Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof dan mendapatkan energi langsung dari cahaya matahari melalui proses fotosintesis.

Nah mungkin itulah sedikit penjelasan tentang tumbuhan, dan tahukah anda ternya di dunia ini banyak sekali Tumbuhan yang sangat langka. Tetapi kalau misalkan disebutkan satu per satu mungkin tidak akan terbahas di artikel kali ini. Namun kami akan memberikan informasi tentang Tumbuhan Langka di negara kita, yaitu negara indonesia. Tidak hanya itu, dalam artikel ini juga akan di bahas tentang hewan langka di indonesia.

Ada 7 tumbuhan langka yang akan kami bahas disini, silahkan simak dibawah ini :

1. Rafflesia Arnoldii
Gambar : Rafflesia Arnoldii 
Bunga Rafflesia Arnoldii ini mempunyai ukuran dengan diameter  yang hamipr mencapai 1 Meter. Dan bung ini hidup di TNB (Taman Nasional Bengkulu). Karena baunya yang menyengat dan bau busuk maka bunga Raf lesia ini dikenal dengan sebutan Bunga Bangkai. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga raflesia ini digunakan untuk menarik lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan. Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang memerlukan inang untuk hidupnya. Saat ini kondisi habitat Raflesia Arnoldi sangat memprihatinkan sehingga jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun.

2. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga bangkai raksasa merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Nama bunga ini berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

3. Kantong Semar
Kantong semar merupakan jenis tanaman langka karnivora. Sewaktu daun masih muda, kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Lantas, membuka ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti kantung flora karnivora ini menutup sewaktu masih muda saja. Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan lancar dan tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah ia peroleh.

4. Damar
Tanaman langka yang satu ini berasal dari papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 meter dan dimeternya 2 m.

5. Cendana
Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris. Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan.

6. Anggrek Tebu


Anggrek tebu merupakan anggrek terbesar, paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya jenis tanaman langka ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa.

7. Tengkawang
Tengkawang adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatra. Dalam bahasa Inggris, jenis tanaman langka ini dikenal sebagai Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut.

Nah itulah informasi tentang tumbuhan langka yang ada di indonesia. Untuk hewan langkanya anda bisa membaca artikel yang satu ini : Daftar Hewan Langka Di Indonesia. Itulah yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini. Semoga informasi yang kami sajikan diatas bermanfaat untuk anda. Dan terimakasih juga karena sudah membaca informasi kami yang berjudul : Hewan Langka Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia, dengan sedikit Penjelasannya.