Mengenal Ikan Pesut Mahakam

Pesut Mahakam atau bahasa latinnya (orcaella brevirostris) merupakan mamalia air tawar paling langka di Indonesia. Hewan yang merupakan sub-populasi Orcaella brevirostris ini hanya dapat ditemukan di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Dan populasinya diperkirakan tidak lebih dari 70 ekor saja. Karena keberadaanya hanya dapat di temukan di kalimantan timur, Maka tidak heran jika hewan ini ditetapkan sebagai fauna identitas provinsi Kalimantan Timur.

Pesut Mahakam merupakan mamalia air yang sangat unik. Walaupun kelihatanya mirip dengan lumba – lumba dan ikan paus tetapi sebenarnya sangat berbeda. Pesut ini hidup di air tawar yang terdapat di sungai – sungai dan danau yang terdapat di daerah tropis dan subtropis. Hewan ini termasuk salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia ini.
pesut mahakam
Gambar Ikan Pesut mahakam
Pesut Mahakam yang sudah dewasa mempunyai panjang tubuh hingga 2,3 meter dengan berat mencapai 130 kg. Tubuh Pesut berwarna abu-abu atau kelabu sampai biru tua dengan bagian bawah berwarna lebih pucat.

Bentuk badan pesut hampir mendekati oval dengan sirip punggung mengecil dan agak ke belakang. Kepala Hewan ini berbentuk bulat dengan mata yang berukuran kecil. Bagian moncong pendek dan tampak papak dengan lubang pernafasan. Sirip punggung berukuran kecil terletak di belakang pertengahan punggung. Dahi tinggi dan membundar, tidak ada paruh. Sirip renangnya relatif pendek dan lebar.

Pesut Mahakam bernapas dengan mengambil udara di permukaan air. Dan juga dapat menyemburkan udara dari mulutnya, Pesut bergerak dalam kawanan kecil. Meski pandangannya tidak begitu tajam dan hidup dalam air yang mengandung lumpur, namun mempunyai kemampuan mendeteksi dan menghindari rintangan-rintangan dengan menggunakan gelombang ultrasonik.

Itulah sedikit tentang Pesut Mahakam, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, dan juga dapat menambah wawasan anda dalam segala hal tentang hewan yang ada di dunia. 

0 Response to "Mengenal Ikan Pesut Mahakam"

Posting Komentar