Kacer Poci Dan Cara Perawatannya

SitusHewan.com – Kacer Poci merupakan burung petarung yang mempunyai kicauan yang sangat merdu. Dan kacer poci ini mempunyai nama ilmiah yaitu Copsychus saularis musicus, dengan ciri bagian dada berwarna hitam dan perut berwarna putih. Kacer poci atau kacer hitam mempunyai keistimewaan yaitu bisa meniru kicauan burung lain. Maka dari itu tidak heran apabila saat ini burung tersebut sangat banyak peminatnya.
Berikut ini Ciri ciri kacer poci jantan dan kacer poci betina :
  1. kacer poci jantan mempunyai warna bulu yang mengkilap, tetapi warna kacer poci betina cendrung kusam dan agak ke abu – abuan.
  2. di bagian dadanya kacer jantan mempunyai warna hitam yang mengkilap, tetapi betina berwarna abu – abu.
  3. kacer poci jantan mempunyai kicauan yang variatif serta lebih gacor, kacer betina cendrung mempunyai kicauan yang monoton, tetapi tidak seluruh betina bertipe demikian.
  4. pada waktu tetap trotol, sisi dada kacer poci jantan di dominasi oleh trotol hitam serta gabungan dengan warna putih kekuningan, kacer poci betina gabungan trotol dengan warna putih abu – abu.
Cara Merawat Burung Kacer Poci 
  1. Burung kacer tersebut dikeluarkan pukul 7.30 pagi.
  2. Burung dianginkan diteras selama kurang lebih 10 menit, Berikan Jangkrik 4 ekor dan 1 Sendok teh Kroto segar.
  3. untuk Proses penjemuran dilakukan dari jam 8.00 s/d 9.00 wib.
  4. Burung diletakkan diteras rumah atau ditempat yang teduh dan tenang.
  5. Burung dimandikan jam 13.00 wib (Dengan semprot/keramba sesuai dengan kebiasaan burung). Basanya menyemprotkannya dengan semprotan spray.
  6. Selanjutnya burung kembali diangin-anginkan kurang lebih 15 menit s/d 25 menit (hingga bulu burung keseluruhan kering).
  7. Burung diberikan Jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong 2 ekor.
  8. Burung dikerodong dan disimpan didalam ruangan khusus untuk dilakukan proses pemasteran.
  9. Proses pemasteran bisa dilakukan dari jam 14.30 wib s/d 16.30 wib.
  10. Setelah itu burung kembali dianginkan diteras rumah selama 20 menit, sambil diberikan Jangkrik 4 ekor + 1 ekor ulat bumbung.
  11. Burung kembali dikerodong dan disimpan.
  12. Selanjutnya burung bisa kembali dimaster selama 3 jam mulai dari jam 20.00 wib s/d jam 23.00 wib.
  13. Selanjutnya biarkan burung tenang tanpa terdengar suara. dengan maksud agar burung dapat beristirahat hingga pagi tiba.
Nah itulah artikel kami tentang Kacer Poci dan cara perawatannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang memelihara burung kacer poci.

Pencarian :
Related Posts