Cara Mudah Ternak Burung Kenari Yang Baik

Situshewan.comTernak Kenari, kali ini kami akan memberikan tips cara mudah ternak burung kenari. Burung kenari merupakan salah satu burung yang paling populer saat ini, karena burung kenari tersebut mempunyai kicauan yang sangat merdu. Tidak heran sampai saat ini burung tersebut semakin banyak peminatnya. Maka dari itulah banyak juga oarang yang beternak burung kenari untuk dijadikan peluang usah.
Perhatikanlah langkah – langkah yang akan kami sampaikan di bawah ini, supaya anda yang ingin beternak burung kenari ini sukses dalam pemeliharaanya.
1. Dapat membedakan burung kenari jantan dengan betina.
Jika dilihat dari anakan biasanya burung jantan pada waktu berumur 1 bulan lebih sering rajin berbunyi sedangkan pada burung betina biasanya tidak berbunyi. Bila dilihat dari tekstur tubuh pejantan terlihat lebih ramping memanjang sedangkan kalau burung betina cendrung bulat.

2. Usia kenari yang ideal
Usia merupakan salah satu poin penting yang harus diperhatikan jika anda ingin berhasil beternak kenari. Burung kenari siap ternak biasanya berumur paling tidak 6 bulan untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, usia minimal adalah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju birahinya.

3. Penempatan Kandang Atau Sangkar
Dalam memilih tempat untuk sangkar burung maka anda harus memperhatikan lokasi penempatannya. Usahakan lokasi sangkar atau kandang berada jadu dari keramaian, agar pada saat proses kawin, bertelur dan pengeraman burung kenari tidak merasa terganggu. Selain itu, tempatkanlah burung ini ditempat yang bebas dari semut atau serangga lain sehingga burung ini tidak terganggu oleh serangga yang menyerang indukan, maupun anakannya nanti.

4. Proses Menjodohkan kenari
Apabila anda sudah mempunyai sepasang kenari berkualitas yang cukup umur dan siap diternak, maka anda sudah bisa memasukkan kenari tersebut ke tahap penjodohan. Proses menjodohkan kenari yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda. Namun kedua sangkar tersebut harus ditaruh pada posisi yang berdekatan. Salah satu kesalahan ternak kenari yang sering terjadi yaitu para peternak pemula buru - buru memasukkan kenari jantan dan betina ke dalam satu wadah. Hal ini lah penyebab utama kegagalan penjodohan burung kenari. Karena kenari dan betina belum pasti cocok satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (menaruh kandang kenari secara berdampingan), maka kita dapat mengetahui kesiapan kenari untuk dikawinkan.

5. Proses Pengeraman
Telur burung kenari yang di erami sebelum menetas biasanya membutuhkan waktu sekitar 12-14 hari tergantung pada cuaca. Untuk itulah para peternak biasanya memberi kehangatan buatan dengan cara memberi lampu bohlam 5 wat sebagai tambahan panas.

Dan untuk proses penetasan biasanya akan bergantian satu telur setiap harinya. Sangat di anjurkan untuk memisahkan  indukan burung jantan agar tidak mengganggu proses pemberian makanan oleh indukan betina. namun jika indukan burung jantan tidak mengganggu maka bisa tetap ditempatkan di kandang.

Nah itulah langkah – langkah tentang Cara Ternak Kenari Yang Baik, semoga cara diatas menjadikan anda sukses dalam beternak burung kenari.

0 Response to "Cara Mudah Ternak Burung Kenari Yang Baik"

Posting Komentar